GAMBARAN UMUM

 

          Kelurahan Silalas adalah salah satu dari 6 (enam) Kelurahan yang ada di Wilayah Kecamatan Medan Barat Kota Medan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1973, memiliki luas areal ± 92 Ha dan berada pada ketinggian 25 meter diatas permukaan laut.

Adapun kantor Kelurahan Silalas telah menempati bangunan permanen diatas tanah dengan ukuran 209 m2  dan luas bangunan 187 m2 yang beralamat di jalan Kelapa No. 5 Medan.

Kelurahan Silalas secara Geografis merupakan dataran dengan kemiringan antara 0-50. Wilayah-wilayah yang berdekatan dan berbatasan langsung dengan kelurahan Silalas adalah :

Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat di sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Glugur Kota Kecamatan Medan Barat, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Kesawan Kecamatan Medan Barat, dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat.

Kelurahan Silalas dipimpin oleh seorang Lurah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Camat. Secara Administrasi Kelurahan Silalas terbagi menjadi 12 Lingkungan.

Dalam menjalankan tugas Pemerintahan sehari-hari, Pemerintah Kelurahan Silalas yang dikepalai oleh Lurah dibantu oleh 1 (satu) orang Sekretaris, 3 (tiga) orang Kepala Seksi serta di bantu 12 (dua belas) Kepala Lingkungan

Dalam melaksanakan kegiatan, segala pekerjaan di distribusikan kepada kepala seksi berdasarkan tupoksi masing-masing. Kepala seksi bertanggung jawab kepada Lurah. Sedang untuk alur surat menyurat, semua surat masuk maupun keluar harus melalui satu pintu, yaitu Sekretaris Lurah. Dari Sekretaris Lurah barulah surat tersebut di distribusikan/di disposisi kepada seksi-seksi sesuai bidangnya. Sedangkan dalam pelayanan administrasi masyarakat diharuskan mengambil Surat Pengantar dari Kepala Lingkungan dan seterusnya dibawa ke Kantor Kelurahan untuk diproses.